Friday, August 31, 2012

Hantu




Banyak orang yang membicarakan makhluk tak tampak yang namanya hantu. Tetapi hanya sebagian saja yang pernah bertemu dengannya dikarenakan karena memang asalnya makhluk yang tak terlihat oleh panca indra/organ penglihata manusia. Meski ada juga beberapa jenis hewan yang bisa merasakan kehadirannya bahkan bisa melihatnya.

Akan tetapi meski tergolong sebagai makhluk yang tak tampak oleh indra penglihatan, ada juga sebagian orang yang pernah melihatnya entah karena tak sengaja maupun disengaja.
Kalau secara umum orang berpendapat bahwa tempat-tempat yang gelap pasti di huni oleh hantu, tetapi pada kenyataannya tidaklah demikian. Terkadang pada tempat yang sunyi dan gelap tak ada hantu yang menghuninya, begitu pula sebaliknya di tempat yang terang dan ramai terkadang ada hantunya dengan menyamar di tengah kehidupan. Hanya orang tertentu saja yang menyadarinya, itupun jika telah berlalunya kejadian .
Hantu menurut kebanyakan orang adalah makhluk yang tak tampak yang suka menggoda dan menakuti orang entah dengan maksud tertentu. Bisa juga hantu itu khadam dari seseorang.
Mungkin dalam pemikiran beberapa orang ada yg mempertanyakan dalam hati beberapa pertanyaan berikut:
A apakah hantu itu ingin jadi terkenal seperti artis sehingga muncul memperlihatkan diri??
A apakah hantu itu ingin berkenalan dengan orang yang ditemuinya?
A apakah hanya sekedar menyapa?
Tetapi jika dicermati, mungkin kita bisa mengambil pelajaran dari hantu tersebut. Tidak usah memikirkan hal-hal yang negatif, ambil saja dari segi yang positif saja biar sesuatu yang semula dianggap momok menakutkan dan merugikan/mengganggu akan bisa bermanfaat bagi diri kita.
Ada beberapa contoh yang bisa diambil pelajarannya antara lain:
A kuntilanak: selalu tertawa ceria dalam kondisi apapun, entah sedih maupun gembira. selalu berpakaian sopan, berbeda dengen wanita jaman sekarang yang banyak memakai pakaian seksi dan mengumbar aurat.
A pocong: selalu berpakaianputih dan rapi, menandakan suka dengan kebersihan dan kerapian.
A tuyul: meski kecil dan keliatan tak berdaya tetapi selalu semangat untuk bekerja siang malam.
A gendruwo: meski seram dan menakutkan tetapi tidak pernah mencuri maupun merampok.

Jika ada yang memberikan keterangan tentang hantu, kami tunggu komentarnya…

No comments:

Post a Comment